Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina

Advertisement
Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina - Ini memang sangat sulit sekali untuk di ketahui oleh orang awam karena terlihat hampir sama untuk burung beo jantan dan betina sehingga kita harus teliti sekali untuk mengetahui jenis jantan dan betina burung beo tersebut, dan ada 6 cara mengetahui jenis jantan dan betina burung beo sobat, kami akan sampaikan langsung disini kepada anda supaya anda kalau ingin membeli Beo di pasar burung anda tidak terjebak dengan burung beo tersebut.

Tetapi sebelum mengetahui jantan dan betina burung beo maka anda harus tahu tentang cara merawat burung beo agar cepat bicara yang sudah kami sampaikan di artikel sebelumnya disini juga sobat, sehingga anda bisa membuat Beo anda cepat sekali bersuara dan menirukan suara yang anda latih setiap harinya.

Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina

1. Lihat cara berdiri burung beo

Burung beo betina cenderung berdiri dengan kaki yang ditegakkan dan mengangkat kepalanya. Adapun beo jantan lebih sering berdiri dalam posisi seperti membungkuk.

Beo betina sering berdiri tegak, kepala mendongak ke atas (kiri). Beo jantan sering membungkuk.
2. Lihat postur tubuhnya

Burung betina mempunyai ukuran atau postur tubuh yang lebih kecil daripada burung jantan. Pada gambar di atas terlihat (sekilas) perbedaan postur tubuh burung beo jantan dan betina.

3. Lihat bentuk kepalanya

Secara umum, bentuk kepala burung beo betina lebih kecil, lebih panjang, dan cenderung membulat. Adapun bentuk kepala beo jantan tampak lebih besar, ceper, dan berbentuk kotak/persegi.

Bentuk kepala beo betina membulat (kiri), sedangkan beo jantan ceper dan persegi.

4. Lihat bentuk paruhnya

Bentuk paruh burung beo betina panjang dan sempit, sedangkan paruh beo jantan lebih pendek dan lebih lebar. Silakan lihat gambar berikut ini:

Bentuk dan ukuran paruh beo betina lepih panjang dan tipis (kiri). Beo jantan lebih pendek tapi lebar.
5. Lihat jengger di telinga (untuk ras tertentu)

Jengger atau jawer pada bagian telinga burung beo betina berbentuk seperti segitiga (Δ) sempurna. Pada beo jantan  juga segitiga, tapi tidak beraturan.

Tetapi cara ini hanya bisa diterapkan pada jenis beo tertentu, yaitu greater india hill mynah (Gracula religiosa intermedia).  Untuk ras yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu javan hill myna (Gracula religiosa religiosa), bentuk dan pola jawernya berbeda.

Perbedaan bentuk jawer beo betina (kiri) dari jantan pada ras Gracula religiosa intermedia
Selain itu, warna jengger pada beo betina memiliki warna lebih terang daripada burung jantan yang lebih gelap.

6. Lihat bentuk kloakanya

Kloaka pada burung beo betina lebih rata dan tidak menonjol, adapun pada burung jantan tampak lebih menonjol.

Bentuk kloaka beo jantan lebih menonjol (kiri). Pada beo betina cenderung bulat atau rata, dengan lubang anus yang lebih lebar.
Selain itu, ada cara lain yang bisa dijadikan tengara dalam membedakan jenis kelamin burung beo, terutama jima kasih berumut muda. Dalam hal ini, Anda bisa mengerodong beo pada malam hari.

Esok harinya, kerodong dibuka. Biasanya beo jantan akan mengeluarkan suara pelan (seperti “kaka.. kaka..”). Adapun beo betina tidak bereaksi apa-apa.

Dengan cara yang ada diatas maka anda sudah bisa mengetahui jantan dan betina kalau pemain lama pastinya mereka hanya dengan melihat saja sudah tahu mana jantan dan betina burung beo, untuk burung beo jantan akan cepat sekali bersuara menirukan suara apapun yang sudah anda masterkan, semoga bisa bermanfaat buat anda semua ya tentang cara mengetahui burung jantan dan betina tersebut. Untuk itu yang kami dapatkan dari sumber ( Omkicau.com).


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Beo dengan judul Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Tips Merawat Burung Dan Harga Burung
Ditulis oleh: Faris Antoni - Wednesday, October 15, 2014

Belum ada komentar untuk "Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina"

Post a Comment