Cara Merawat Betet Supaya Jinak

Advertisement
Cara Merawat Betet Supaya Jinak - Di sini kami akan sampaikan kepada anda cara melatih betet agar cepat jinak dan bisa di latih dengan ketangkasan yang anda inginkan, dimana burung betet, burung paru bengkok memang di kaitkan dengan burung yang sangat cerdas sekali dimana burung ini bisa melakukan aktifitas seperti ketangkasa dan juga menirukan suara yang kita ajarkan kepada burung betet tersebut.

Burung paru bengkok memang burung yang mempunyai salah satu burung yang mempunyai warna yang bagus dan sangat jinak sekali kepada manusia, tetapi kalau kita baru mengajari anda juga harus hati-hati dengan paru bengkoknya dimana kalau anda sudah tergigit akan membuat luka sangat serius karena parunya sangat tajam sekali.


Di bawah ini adalah tips menjinakan burung betet supaya burung betet anda bisa anda kuasai dan sangat jinang banget dengan anda, kalau burung sudah jinak maka untuk mengajari ketangkasa dan suara maka lebih cepat dari pada belum jinak.

  • Kandang tertutup kurang efektif untuk menjinakkan burung betet.  Sebaiknya gunakan kandang terbuka dengan mengandalkan rantai sebagai pengamannya. Jika burung betet anda sangat liar, sebaiknya diletakkan di tempat ramai atau bagian rumah yang sering dilewati angkota keluarga. Hal ini agar burung betet terbiasa dengan manusia. Jangan justru digantung di tempat tersembunyi karena Anda takut burung kelabakan. Jika betet kelihatan takut/gugup sebaiknya diletakkan agak tinggi selama sepekan kemudian posisi agak diturunkan. Lakukan selama sepekan, turunkan lagi, sepekan mendatang turunkan lagi sampai posisi normal.
  • Biasanya saya memandikan burung betet dengan disemprot pakai semprotan sampai basah kuyup. Nggak masalah dia kelabakan kesana-kemari saat disemprot. Benar-benar basah kuyup sampai menggigil kedinginan dan nggak kelabakan lagi. Biarkan dulu dia di karamba, sampai bulu agak kering. Tapi terkadang saya tergesa-gesa untuk kekantor, masukkan langsung ke sangkar juga nggak apa-apa, dan gantung di tempatnya.
  • Mempercepat rasa lapar. Pada saat basah kuyup betet akan merasa lapar bukan karena kekurangan nutrisi, beda kan kalau kita memang sengaja tidak memberi pakan burung secara rutin atau cukup, yang dalam hal ini burung benar2 kekurangan semua betet. Kalau dengan memandikan, maka rasa lapar hanya disebabkan dia terlalu banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuh.
  • Dalam proses penjinakan ketika burung basah kuyup kita dapat memberikan pelajaran bahwa meskipun betet hanya bisa diam, manusia yang berlalulalang disekitarnya bukanlah ancaman.
  • Ketika lapar maka burung akan semakin merasa tergantung pada kita. Memang kelemahan burung peliharaan ada pada perutnya, pada saat memberikan makanan adalah moment yang tepat untuk menjinakkan betet anda. Untuk menghindari patukan si burung awalnya saya memberikan makanan dengan menggunakan lidi, semakin lama lidi semakin pendek, akhir kata coba deh taruh makanan di tangan kita. Kalau udah berani dia mendekat dan makan di tangan kita itu udah tanda mulai jinak.
    Setelah mulai akrab lepasin itu burung betet, tapi kasih rantai yg agak berat biar dia bisa jalan tapi ngak bisa terbang. Nah kalau udah sampai tahap begini makin sering dah kasih makan dari tangan kita lama lama naik tuh burung ke badan, boleh dibilang udah jinak & nggak bakal terbang.
Dengan tips cara merawat betet agar cepat jinak yang ada diatas semoga menjadi info yang bermanfaat buat anda semua, oya kami juga sampaikan kepada anda juga sebelumnya tentang harga burung betet lengkap anda lihat disini juga ya. Admin tips merawat burung dan harga burung akan menyampaikan terus setiap hari untuk merawat burung buat kinau mania.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Betet dengan judul Cara Merawat Betet Supaya Jinak. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Tips Merawat Burung Dan Harga Burung
Ditulis oleh: Faris Antoni - Tuesday, April 29, 2014

Belum ada komentar untuk "Cara Merawat Betet Supaya Jinak"

Post a Comment