Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan dan Betina

Advertisement
Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan dan Betina - Ini pastinya akan menjadi salah satu burung kebanggan anda dimana suara branjangan memang sangat bagus banget dan pecinta burung branjangan memang banyak sekali harga burung branjangan bervariasi hingga ratuan ribu kalau burung ini sudah bunyi atau gacor. Untuk anda yang masi belum tahu tentang ciri ciri branjangan jantan maka kami akan jelaskan disini dan juga anda bisa membaca cara merawat burung branjangan agar cepat gacor bunyi yang sudah kami sampaikan sebelumnya disini secara langsung dan pastinya bisa menjadi info perawatan harian buat anda semua tiap harinya.


Branjangan bisa cepat gacor harus kita lakukan perawatan harian supaya burung tersebut cepat sekali bunyi kalau anda tidak terlalu merawat tiap hari maka burung branjangan akan lama bunyinya dan cenderung bunyinya kurang all out sobat.

Membedakan jenis kelamin burung branjangan (Mirafra javanica) memang hal yang relatif sulit. Jantan dan betina dari burung yang termasuk keluarga Alaudidae dari genus Mirafra memiliki penampilan yang hampir mirip, tidak seperti kerabatnya dari genus Melanocorypha yang bisa di-sexing berdasar penampilan fisik luar.

1. Melihat penampilan anakan

Bentuk kepala burung anakan betina cenderung lebih kecil dari bentuk kepala burung jantan, selain itu anakan burung jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dan tegas dibanding anakan burung betina, bahkan dari suaranya terdapat perbedaan.

2. Melihat bagian kepala

Burung jantan memiliki mata dengan pandangan yang cukup tajam dan jika diperhatikan lebih seksama ada bulu halus berwarna hitam yang terdapat pada bagian depan mata dekat dengan paruh bagian atas. Selain itu jika dicermati pada bagian paruh dan bawah kupingnya, maka akan terlihat bulu yang berwarna putih yang tampak berdiri (mekar).

3. Melihat ukuran tubuh

Secara umum, burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari burung betina. Namun hal ini tentu akan berbeda tergantung asal daerahnya, misalnya burung branjangan betina yang berasal dari Jawa tentu akan memiliki tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.

4. Melihat warna bulu dada

bulu dada yang halus dan tegas pada burung jantan

Umumnya juga burung jantan memiliki bulu-bulu yang halus dan tegas pada bagian dadanya. Bentuk bulu ini mulai terlihat sejak burung masih berusia trotolan.

5. Mendengar suaranya

Pada burung yang masih berusia muda, burung betina cenderung jarang atau malas berbunyi dibandingkan burung jantan muda yang lebih sering ngeriwik. Ketika burung sudah berusia dewasa, burung betina akan memiliki kemampuan bersuara lebih keras namun kurang variasi dengan suara kicauannya yang monoton (diulang-ulang), sedangkan burung jantan akan memiliki suara yang cukup lantang dengan suara kicauan yang cukup bervariasi.

6. Melihat bentuk ekor

Bagian ekor adalah bagian yang bisa menjadi salah satu yang jadi perhatian ketika memilih burung branjangan yang berjenis kelamin jantan. Burung branjangan jantan biasanya memiliki bentuk ekor yang tampak selalu terbuka / mengembang, sedangkan bentuk ekor burung betina cenderung memiliki ekor yang tipis dan sering menutup.

Saat ini anda sudah membaca tentang Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan dan Betina diatas, dengan tips ini maka anda bisa tahu mana jantan dan betina diatas tersebut. Semoga bermanfaat sobat semua admin  tips merawat burung dan harga burung akan selalu menyampaikan disini terus buat anda semua oke.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Branjangan dengan judul Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan dan Betina. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Tips Merawat Burung Dan Harga Burung
Ditulis oleh: Faris Antoni - Sunday, November 16, 2014

Belum ada komentar untuk "Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan dan Betina"

Post a Comment